Sekarang ini banyak terjadi kasus terjangkitnya komputer ataupun media simpan/penyimpanan seperti flashdisk (USB) oleh virus. Virus tersebut mengakibatkan berbagai efek yang pastinya merugikan bagi pemiiknya. Salah satu yang paling populer adalah file yang kita miliki ‘hilang’. Kata hilang disini bukan berarti hilang dalam arti sebenarnya, yaitu tidak ada sama sekali, tetapi istilah ‘hilang’ dalam arti file-file disemunyikan oleh virus dalam arti lain di-hidden oleh virus. Ini mungkin sangat menyebalkan. Bagi anda yang belum mengetahui mungkin sangat aneh ketika melihat kapasitas -flashdisk misalnya- milik anda yang isinya terlihat sedikit tetapi kapasitasnya tersita banyak. Dari situ bisa disimpulkan bahwa ada file yang disembunyikan/ di-hidden oleh virus.

Perlu diketahui sebelumnya, beberapa virus yang mengakibatkan file kita tersembunyikan sebelumnya memberikan efek yang bermacam-macam. Salah satu yang populer adalah file kita diduplikasi oleh virus menjadi file dengan ekstensi lain -contohnya adalah dirubah dengan ekstensi aplication atau .exe)-. Sedangkan file asli disembunyikan alias dihidden tadi. Beberapa file yang menjadi sasaran empuk virus untuk diduplikasi dan dihidden adalah folder, file ms.word (atau file ms. office lainnya) dan file gambar (dalam format jpg, jpeg dan lainnya).

(perlu saya tekankan juga sebelumnya bahwa yang saya contohkan adalah bagi pengguna komputer yang menggunakan operating system (OS) Windows dari Microsoft. )

Nah, bagi beberapa orang mungkin sudah mengetahui cara menampilkan file yang disembunyikan. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Bukalah jendela windows explorer.

2. Belanjutnya pilih opsi pada toolabar tool – folder options

3. Selanjutnya akan tampil jendela folder options. Langkah selanjutnya adalah pilih button view. setelah itu carilah opsi hidden file and folder. disitu terdapat 2 pilihan button – do not show hidden file and folder dan – show hidden file and folder. disini, pilih opsi show hidden file and folder. Selanjutnya klik apply dan ok. Setelah anda melakukan hal tersebut maka semua file dan folder yang tersembunyi -baik oleh windows sendiri atau sengaja oleh pengguna atau bahkan oleh virus- akan terlihat.

Cara di atas merupakan cara yang biasa digunakan oleh kebanyakan orang untuk menampilkan hidden file. Sekarang permasalahannya adalah ada beberapa virus yang menyembunyikan file ‘tidak hanya’ pada tahap hidden file and folder biasa, tetapi dalam tahap lanjut/ advance yaitu disembunyikan setara dengan PROTECTED OPERATING SYSTEM FILE. protected operting system file adalah file-file dalam windows yang sengaja disembunyikan untuk mencegah berbagai macam keadaan. Masalahnya, banyak virus sekarang yang menduplikasikan file kita dan menyembunyikannya pada tahap tersebut. disini saya berikan cara untuk menampilkan file dengan tingkat tersebut. Caranya adalah :

1. Ikuti cara yang di atas dari poin 1 – 3.

2. Sebelum meng-klik apply, scroll/ gulung jendela folder option tersebut sehingga terlihat pilihan – Hide Extension for Known Files type – Hide protected operating system files (Recommended) dan – Launch folder windows in a separate process.

3. Disini hilangkan centang/ceklis pada opsi Hide Extension for Known Files type dan – Hide protected operating system files (Recommended),

4. Pada saat menghilangkan centang pada – Hide protected operating system files (Recommended), akan muncul jendela konfirmasi : “You have choosen to display protected operating system (recommended) dan seterusnya, ini merupakan konfirmasi dari widnows sendiri karena ada beberapa file yang nantinya terlihat dan memang jika dihapus akan mengakibatkan widnows akan tidak berjalan sebagaimana mestinya. pilih “yes” saja.

5. Setelah itu klik apply dan ok.

Selanjutnya silahkan lihat pada media penyimpanan anda, akan terlihat file-file yang selama ini disembunyikan oleh virus. Dan untuk mengembalikan seperti semula (menyembunyikan operating system file yang kita tampilkan, tinggal tambahkan lagi saja centang pada opsi tadi.

selesai kan?! 🙂

PERLU DIKETAHUI

Bagi anda yang melakukan beberapa opsi diatas (menampilkan hidden file dengan cara kedua), pada drive komputer anda akan ada file-file yang selama ini tersembunyikan. File-file (dalam hal ini folder) akan terlihat pada drive C:/ D:/ dna lainnya. folder-folder yang akan terlihat adalah SYSTEM VOLUME INFORMATION dan RECYLER.

LEBIH LANJUT

Ada kalanya suatu virus mengakibatkan opsi “folder options” pada windows explorer tidak ada. Ini menjadi masalah baru yang membingungkan. Bagi saya ini masalah yang belum terpecahkan. Tapi beberapa kali mengalami kasus seperti ini, mungkin salah satu cara agar folder options tadi muncul kembali adalah dengan cara scan menggunakan antivirus :P. (barangkali ada yang bisa membantu saya, dan sekalian bagi-bagi ilmu ke yang lain, diucapkan terimakasih…..).

Cara Lain Lagi

Cara ini menggunakan command prompt (cmd). Setahu saya ni merupakan cara paling konvensional untuk menampilkan hidden file. caranya adalah:

Klik Start Menu, lalu pilih menu Run. Setelah itu ketik “cmd” kemudian tekan enter. Setelah itu akan ada tampilan command prompt, kemudian pindahkan posisi kursor ke drive atau folder yang akan dicek, kemudian ketik perintah “attrib -s -h /s /d. Nah dari direktori yang dipilih tadi, file yang tersembunyi akan muncul.

Wallahu a’lam bi al-shawab

Advertisements
Comments
  1. […] anda yang tidak mau repot-repot mengikuti instruksi untuk menampilkan hidden file yang ada pada postingan saya sebelumnya, bisa menggunakan cara lain. Cara lain ini menggunakan software antivirus yang nyatanya made in […]

  2. brainplusplus says:

    ini cara untuk menampilkan folder option:
    klik start->run
    trus masukkin dah code ini di textboxnya:
    REG add HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System /v NoFolderOptions /t REG_DWORD /d 0 /f
    udah dech tinggal klik ok, insyaAllah folder options akan tampil lagi (syaratnya virusnya dah ‘dibunuh’ terlebih dahulu)
    -brainplusplus- 🙂

  3. phill says:

    ok lah kalo cuma folder optionnya yang hilang.
    setelah folder optionnya kembali, opsi “Hide protected operating system files (Recommended)”nya hilang ! gimana tuh cara ngatasinnya ??
    mohon bantuannya yach !

    thanks

  4. keii says:

    wah..
    makasi..maksi..
    gua ketolong dahh..!!!
    heheheh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s