“Taufik bin Masyriqon, takhrij wa dirasah yudisium Jayyid”

Itulah salah satu penggalan dari prosesi wisuda sarjana ke-6 di Pesantren Luhur Ilmu Hadis Darussunnah. Sebelumnya perlu diketahui, bahwa Darussunnah adalah sebuah lembaga yang bisa dibilang pesantren mahasiswa yang berlokasi di Kawasan Ciputat yang berdekatan dengan UIN Jakarta, yang di pengajarannya memfokuskan diri pada penguasaan mahasantri terhadap hadis Nabi dan ilmu hadis serta berbagai ilmu lainnya sehingga para mahasantri yang sudah lulus dan mendapat gelar Lc (liscense) kelak dapat melestarikan eksistensi hadis nabi sebagai salah satu sumber bagi syariat Islam. Darussunnah dipimpin oleh seorang ahli hadis asal Pekalongan Jawa Tengah, Prof. Dr. H. Ali Mustafa Ya’kub yang juga merupakan Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta.

Lalu apa hubungannya dengan si Taufik, mahasiswa kuliah umum-agama dan lainnya? Sekedar tahu, Darussunnah adalah sebuah pesantren mahasiswa yang mengajarkan hadis dan ilmu-ilmu agama lainnya yang sumbernya berasal dari literatur kitab-kitab arab dan pengajaran sehari-harinya menggunakan bahasa arab. Dan Darussunnah itu para mahasantrinya adalah kebanyakan adalah mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta. Sekarang, darusunnah yang notabenenya adalah pesantren , tentunya akan lebih didominasi oleh para mahasiswa yang bergelut di bidang agama–atau bisa dikatakan mengambil jurusan agama-, dan ini memang tidak dapat dipungkiri karena UIN Jakarta adalah universitas yang mempunyai notabene sebagai universitas Islam yang memiliki banyak jurusan agama didalamnya. Sekarang hubungannya dengan si Taufik ini adalah, bahwa si Taufik ini merupakan salah satu mahasantri Darussunnah yang sudah lulus diwisuda disana. Si Taufik ini adalah mahasiswa UIN Jakarta yang mengambil jurusan Teknik Informatika (TI) di Fakultas Sains dan Teknologi. Lalu apa yang aneh? Seperti yang sudah banyak diketahui, bahwa pesantren itu banyak didominasi oleh orang-orang yang bergelut atau punya kemampuan di bidang ilmu agama (catat: nahwu, sharaf, fiqih dsb). Tapi Taufik adalah mahasiswa jurusan umum yang bisa belajar di Darussunnah dan akhrnya bisa lulus dan mendapat gelar Lc (liscense) dari Darussunnah. Ini menandakan masih ada orang yang dapat menguasai ilmu umum dan juga ilmu agama. Dan Taufik adalah mahasantri dari jurusan umum yang lulus di Darussunnah. Sebelumnya sudah banyak mahasantri lulusan Darussunnah tapi mayoritas dari mereka adalah para mahasiswa dari jurusan agama. Ini tidaklah aneh.

Dan fenomena Taufik ini masih terus berjalan, karena di Darussunnah sekarang masih dan sudah ada mahasiswa yang menuntut ilmu di Darussunnah yang merupakan mahasiswa yang mengambil jurusan umum. Dan mereka adalah Edo Abdullah Faqih (Mahasiswa Semester 7 Jurusan Matematika-MIPA, Fakultas Sains dan Teknologi), Amirul Mu’minin (Mahasiswa Semester 5 Fakultas Psikologi) –dan sekarang Amir ini di Darussunnah menjabat sebagai Ketua Ikatan Mahasantri Darussunnah yang merupakan “BEM” di Darussunnah- , Muhammad Lutfi (Mahasiswa Semester 5 Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial), Muhammad Zidni Naf’an (Mahasiswa Semester 3 Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi), Neneng Bisyaroh (Mahasiswa Semester 3 Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan) dan terakhir Ahla Aulia (Mahasiswa Semester 1 Jurusan Hubungan Internasional, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial). Mereka adalah para mahasiswa umum yang juga menuntut ilmu hadis di daruussunnah. Di siang hari mereka menuntut ilmu umum dan bekutat dengan teori serta rumus sedangkan di pagi dan malam hari mereka mengkaji hadis Nabi Muhammad SAW. Hal ini adalah sebuah fenomena kecil yang terjadi di dunia pendidikan, karena tidaklah banyak orang yang dapat menguasai dua bidang ilmu yang berbeda. Sehingga dengan adanya orang-orang seperti ini, Indonesia akan memiliki putra putri bangsa yang dapat menguasai bidang ilmu umum dan agama secara besamaan sehingga dapat memajukan negeri serta agamanya.

Dan terakkhir, harapan yang terbersit di hati semoga kita menjadi orang-orang yang seperti dikatakan Prof. Dr. KH. Ali Mustafa Ya’kub, menjadi orang yang pinter dan bener. Pinter mengamalkan ilmunya (baik agama maupun umum) dan bener dengan berpegang teguh terhadap ilmu agama yang dimiliki. Dan semoga doa yang dipanjatkan nabi kepada sahabat Abdullah bin Umar selalu menyertai. Amin.

Allâhumma Faqqihnâ Fi al-Dîn Wa’allimnâ al-Ta’wîl

Wallâhu A’lam.[]

Advertisements
Comments
  1. ling says:

    “…Pinter mengamalkan ilmunya (baik agama maupun umum) dan bener dengan berpegang teguh terhadap ilmu agama yang dimiliki..”

    kalo boleh nambahin ne, menurut saya kata “pinter” ini mengandung arti penguasaan dalam berbagai ilmu (baik ilmu agama maupun umum), dan kata “bener” disini mengandung arti mengamalkan ilmu dengan dihiasi akhlak yang mulia.

    iya gak Do?!

    semoga Darussunnah tetap jaya, demi kejayaan Islam di negeri ini, amin..
    salam semangat buat para pejuang as-sunnah, allahu akbar!!

  2. edofaqeeh says:

    ya setuju…
    tapi maaf ada sedikit kesalahan. doa Nabi bukan kepada Zaid bin Tsabit, yang bener kepada Abdullah bin Umar

  3. zaim says:

    edoo…
    gw kangen pak yaiiiiiiiiiiiiiiiiii

  4. abu dzar says:

    afwan, apakah pesantren ini bermanhaj salaf?
    jawabannya tlg kirim ke hp saya aja ya, 085711737478
    syukron

  5. luthfi arif says:

    Iya do. Gak ada tuh kotak-kotak antara yang jurusan agama apa nggak. Yang penting mah niat buat i’lai kalimatillah. Allahu Akbar…!!!

    Oh iya, manhajnya darsun itu ahlu al-sunnah wa al-jamaah

  6. edofaqeeh says:

    ok bos..tetep semangat belajar dan berkarya…!!!

  7. Ikhwan says:

    Pengen gabung sama darsun. .

    • edofaqeeh says:

      yoi..bisa kok gabung…tunggu aj d bulan juli ada penerimaan mahasantri baru darussunnah…
      tinggal daftar, ikut seleksi, lolos..masuk deh…

  8. Adek Chika says:

    Askum, nice to recognize u! Ana ahadun minat talamidzat min jawa syarqiyah fi shaffi tsalist. Uridu an astamiro darsi fi Darussunnah n other university like UIN maybe to take general lesson. But, I am not brave enough to join in Darussunnah. Could you help me to describe how is the test? Arigato gozaimasu! Ana fin tidzorik!!!

    • edofaqeeh says:

      thank’s for coming…
      I beg your pardon, I give this answer too late..
      but it’s not late for joining Darussunnah..
      we are now open the registration for new students for academic year 2010-2011..
      please coming to Ciputat at Fathullah Mosque in front of UIN Jakarta. or contact me at conanedogawa25@gmail.com or edo.faqih@yahoo.com

  9. rima rizqiah says:

    assalamu’alaikum k knalin ni ima… nak gadis sukabumi yang baru mau daftar ke darsun….. cman binggung kasih bocoran donk…? perbulan brapa? makasih.

    • edofaqeeh says:

      Wa’alaikum salam
      ya salam kenal jg dr saya.
      klo mo daftar, sekarang kita lagi buka pendaftaran bwt mahasantri baru tahun ajaran 2010-2011. silahkan dateng langsung k stand pendaftaran di ciputat-Masjid Fathullah, depan Kampus I UIN Jakarta.
      insya4w1 jika ima sudah diterima sebagai santri disini, tidak dikenakan biaya tinggal dan biaya pendidikan (dalam arti lain, semua gratis), kecuali buku2 yg memang dari sendiri.

      info lebih lanjut bisa kontak ke email sy d komen yg diatas. terimakasih

  10. Ibnu TOha says:

    salam kenal…. heheh… saya blogger pemula… main2 ke blog ku sambil belajar yukkkk

  11. Armedi says:

    Untuk masuk Darussunnah harus berstatus mahasiswa di Kampus lain juga ya?
    Kalau cuma kuliah di Darussunnah, tapi tidak kuliah yang lain lagi bisa nggak?

    • edofaqeeh says:

      yang jelas, statusnya harus sudah lulus SMA/MA atau sederajat. karena syarat pendaftarannya adalah menyertakan ijazah SMA/ MA atau sederajat…

      • Armedi says:

        Alhamdulillah tahun ajaran depan sudah 2 tahun lulus SMA, sebelum SMA dulu pernah nyantri selama 4 tahun.
        Sekarang kuliah di Universitas Swasta di Jakarta jurusan Manajemen.
        Pengen kembali menjadi santri dan meninggalkan lingkungan kampus lama yang sepertinya tidak sehat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s