Computational statistics, sebuah kata yang baru-baru ini saya dengar. Kalau dibaca, mengandung berbagai makna. Kata ini mengandung dua bidang ilmu yang sedikit berbeda. Computational dan Statistics. Ada apa dengan ini?. Kalau dirunut, kita baca Computational berarti penghitungan, atau lebih dekat kepada bidang komputasi atau komputer. Sedangkan Statistics, hampir semua orang kenal kata ini, yang merupakan suatu bidang ilmu yang banyak melibatkan data. Saya sebagai orang di bidang matematika sebenarnya agak aneh melihatnya, penggabungan antara Komputasi dan Statistika. Sekedar pengetahuan, di dalam matematika ada beberapa bidang konsentrasi, ada Matematika murni, terapan, riset operasi dan yang lainnya adalah komputasi dan statistika.

Kalau kita perhatikan, matematika dalam bidang komputasi banyak mengambil peran di bidang komputer dan segala macamnya. Maksudnya, bidang matematika yang banyak membahas tentang komputasi yang menyangkut perhitungan dalam komputer dan lain sebagainya. Dan ini adalah bagian dari matematika. Sedangkan statistika, merupakan bidang matematika yang banyak berhubungan dengan data dan analisanya (maaf kepada anak stat kalo saya kurang dalam deskripsinya..:p). Dan setahu saya kedua bidang ini – komputasi dan statistika – agak jauh dalam keterkaitannya. Tapi ternyata sekarang ada bidang yang menggabungkan keduanya yaitu Computational Statistics. Hebat kan….?!

Pada saat pertama kali bahasan ini muncul di permukaan (pikiran saya), yang kemudian saya tanyakan kepada dosen, Computational Statistics gampangnya adalah penghitungan atau aplikasi statistika digabungkan dengan komputasi. Sebagai contoh, dosen saya menerangkan, ada beberapa rumus dalam statistika yang dapat dianalisa dengan komputasi. Misalnya, rumus mean (rata-rata) atau varinasi – sebenarnya ada lebih dari satu* – yang satu dibandingkan dengan rumus variansi yang lain menggunakan suatu program/ k0de komputer. Dengan kode komputer ini dianalisa kompleksitas dari rumus-rumus itu, yang manakah rumus yang lebih efisien, dalam arti kompleksitasnya lebih kecil. Itu mungkin salah satu gambaran kecil dari Computational Statistics. Tapi sebenarnya penerapan yang ada dalam bidang ilmu ini sangatlah banyak. Ada penerapan komputasi, permodelan, bahkan database yang diterapkan dalam statistika. Sungguh luar biasa… (ternyata masih banyak ilmu yang belum dipelajari di dunia ini..!).

Ini sedikit penjelasan dari buku: (  Computational Statistic Handbook with Matlab. Wendy L. Martinez, Anggel R. Martinez. CHAPMAN & HALL/CRC)

“Computational statistics adalah suatu bidang yang menarik dan tergolong baru dalam statistik. Disamping terdapat banyak bidang statistik dasar klasik dalam fungsi parameter dan asumsi, pendekatan computational statistics adalah dengan membiarkan data ‘berbicara’ tentang adanya. Adanya komputer dengan kemampuan pengolahan bilangan, mrerupakan cara untuk menampilkan struktur dua sampai tiga dimensi dalam layar, yang membuat perhitungan statistik dapat digunakana dalam analisa banyak data.
Computational statistics banyak menggunakan angka dalam penggunaanya. Metode dalam computational statistics diantaranya dapat membantu dalam menganalisa untuk menggambarkan penjelasan analisa data dalam teknik estimasi kepadatan probabilitas yang rumit, metode monte carlo*, dan visualisasi multidimensi dengan baik .”
* tambahan :
Saya baru tau kalau ternyata dalam statistik beberapa rumus memiliki bentuk yang berbeda, diantaranya yang saya tau yaitu rumus variansi dan rata- rata. Makanya saya bisa menggunakan kasus ini untuk penerapan metode Computational statistics .
* tambahan lagi:
Kalo metode monte carlo ini memang salah satu metode yang khusus digunakan dalam analisa perhitungan yang rumit. Metode ini digunakan dalam perhitungan menggunakan integral tinggkat tinggi (kalo integral masih satu atau dua, malah g bisa pake metode ini..!), atau dalam metode yang kompleks, nonlinier dan memiliki parameter yang tidak tetap…(nah lho apaan lagi tuh…?!)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s