Penyebaran virus computer yang tidak terkoneksi langsung dengan internet sebagian besar (menurut pengamatan saya diperkirakan hampir 90%) disebabkan karena autoplay yang aktif. Media penyebarannya adalah media simpan yang dihubungkan dengan computer, seperti misalnya CD ataupun USB Flashdisk. Oleh karena autoplay yang aktif, maka ketika media tersebut dimasukkan atau dihubungkan ke dalam computer, maka dengan leluasa virus akan menyebar dengan “memboncengi” autoplay. Hal ini juga disebabkan karena kebanyakan virus sekarang dibekali dengan kemampuan menyebar lewat autoplay tersebut. Oleh karena itu antisipasi yang dilakukan adalah mematikan autoplay yang merupakan jalan masuk dari virus.

Adapun cara mematikannya cukup sederhana, langkahnya adalah

  1. Buka Start Menu – Run
  2. Selanjutnya ketik gpedit.msc
  3. Lalu akan tampil jendela “Group Policy”. Selanjutnya pada Computer Configuration, pilih Administrative Tools – System, dan di sebelah kanan pilih Turn Off Autoplay. Pilih Enable – All Drive
  4. Cara yang sama juga dilakukan pada User Configuration

Dengan ini maka fitur autoplay akan mati/ tidak aktif sehinga penyebaran virus lewat jalur ini akan busa diantisipasi.

Winrar

Pengunaan winrar adalah cara selanjutnya untuk antisipasi penyebaran virus tanpa menggunakan antivirus. Winrar disini digunakan sebagai penjelajah atau Explorer sebagai ganti dari penggunaan Windows explorer. Dengan menggunakan winrar kita dapat menjelajahi dan melihat isi drive yang ada dalam computer, tak terkecuali USB Flashdisk yang merupakan salah satu jalur penyebaran virus seperti yang disebutkan sebelumnya.

Mengapa menggunakan winrar? Ini dikarenakan winrar dapat menjadi penjelajah dan system yang digunakan winrar adalah frame to frame tidak seperti windows explorer yang memungkinkan terjadinya penyebaran virus.

Cara menggunakan winrar dalam melakukan penjelajahan adalah dengan menggunaka tanda panah yang ada di samping kolom yang menunjukkan direktori. Dengan ini kita dapat menuju ke drive yang diinginkan sehingga dapat dilihat isinya apakah terdapat virus ataupun tidak. Selanjutnya ketika ada file yang diduga sebagai virus maka dapat langsung dihapus.

contoh gambar mematikan autoplay

ni gambar contoh mematikan autoplay

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s