Teman dan Tisu Makannya

Posted: February 7, 2009 in umum
Tags: , , , , , , , ,

Suatu ketika teman saya menuturkan sesuatu, dia berkata “sekarang ini saya berusaha mengurangi penggunaan tisu dalam kegiatan sehari-hari, seperti dalam mengelap muka. Sebagai alternatifnya saya sekarang selalu membawa sapu tangan”. Saya sangat tergugah dengan perkataan tersebut. Karena dengan pernyataan tersebut teman saya melakukan usaha pelestarian bumi. Ia beralasan, jika kita banyak menggunakan tisu, maka tentunya lebih banyak pula pohon yang ditebang, karena bahan dasar dari tisu tersebut adalah dari kayu.

Alasan mengurangi penebangan pohon tersebut merupakan alasan yang sangat tepat, karena dengan berkurangnya pohon yang ditebang, kelestarian hutan dan bumi dapat terjaga. Usaha yang dilakukan oleh teman saya itu mungkin hanyalah hal kecil. Tetapi itu dapat membawa manfaat bagi kelestarian bumi ini. Jika banyak orang dapat diajak untuk mengikuti langkah yang dicetuskan tadi, maka akan semakin banyak pengurangan dalam penggunaan tisu, dan semakin berkurang pula pohon yang ditebang. Maka usaha yang kecil tadi akan membawa dampak yang besar karena dilakukan oleh banyak orang. Dan oleh sebab itu, bumi kita akan bertambah lestari.

Sebenarnya kesadaran seperti ini perlu ditanamkan dalam setiap jiwa manusia di bumi. Karena kita manusia sepenuhnya bertanggungjawab atas apa yang terjadi di bumi ini. Kebanyakan kerusakan yang terjadi di bumi ini adalah akibat ulah manusia yang tidak memperhitungkan kelestarian bumi ini.

Usaha-usaha dalam pelestarian bumi sebenarnya sangatlah banyak. Kita tidak perlu memikirkan bagaimana melakukan sesuatu yang besar, karena usaha yang kecil tetapi secara berkala juga dapat membantu pelestarian bumi. Contoh usaha itu antara lain dengan mengurangi penggunaan plastik seperti plastik belanja. Hal ini bisa mengurangi kelebihan penggunaan minyak bumi, karena bahan dasar plastik adalah minyak bumi (sebenarnya usaha pengurangan penggunaan plastik belanja sudah dicanangkan di banyak negara, contohnya Cina, dan ini merupakan program pemerintah setempat). Kita juga bisa melakukan hal yang mudah tetapi bisa membantu pelestarian, seperti membuang sampah pada tempatnya dan hal-hal sederhana yang lain yang bisa menambah kelestarian lingkungan. Semua ini bisa berdampak besar asalkan dilakukan dengan baik dan berkala.

Dan pada akhirnya dengan semua usaha yang dilakukan kita berharap akan kelestarian bumi akan tetap terjaga hingga generasi penerus kita kelak. Tentunya semua usaha baik yang dilakukan akan dibalas oleh Allah Swt.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s