Aku, Kompetisi dan Sumbangsih Negeri

Posted: February 11, 2009 in umum
Tags: , , , , , , , , , , ,

Sebenarnya apa yang motivasi saya untuk ikut kompetisi blog ini? Yah, mungkin ada beberapa alasan. Alasan pertama mungkin karena ingin mengikuti kompetisi yang belum pernah saya ikuti, dan “kebetulan” saya punya komponen utama dari lomba itu, yaitu blog itu sendiri. Alasan kedua, mungkin karena saya ingin coba mengukur kualitas dari tulisan saya sehingga diminati oleh banyak orang. Alasan ketiga saya tertarik dengan tagline dari kompetisi ini “Aku Untuk Negeriku”. Itu mungkin salah satu faktor yang membuat saya tertarik dalam mengikuti kompetisi ini.

Aku untuk negeriku, itu merupakan tagline dari kompetisi blog ini. Dari tagline tersebut mungkin terbersit makna, sumbangsih untuk negeri, apa saja yang telah diberikan untuk negeri ini? Seberapa besar kita sudah berusaha untuk memajukan negeri ini? Atau sudahkah kita memberikan walau sekedar hal kecil yang berguna bagi negeri ini? Tentunya setiap orang dapat memiliki makna akan hal itu, karena itu tergantung dari masing-masing, karena hal ini tidak memiliki makna yang pasti.

Tentunya bagi seseorang yang merasa memiliki negeri ini, atau yang memiliki rasa memiki atau istilah kerennya sense of belonging terhadap negerinya, tentunya di hatinya terdapat rasa atau niat untuk memberikan sumbangsih untuk negeri ini. Lebih jauh lagi, ada pertanyaan yang terbersit, seberapa besar sumbangsih yang sudah diberikan untuk negeri ini?. Keinginan ini tentunya adalah keinginan mulia, karena menyangkut negeri, tempat dimana kita lahir, tinggal, mencari nafkah dan menjalani hidup.

Dan melalui kompetisi ini, para peserta berlomba-lomba dalam beranalogi lewat tulisan, dan berusaha menggunakan segala potensi yang dimiliki yang dituturkan lewat tulisan untuk memberikan sesuatu untuk negeri ini. Ini merupakan salah satu jalan yang bisa ditempuh untuk sepenggal ide, sejumput saran atau segenggam harapan untuk negeri. Dan dengan semua itu teriring doa, semoga semua yang bisa diberikan bisa berguna bagi negeri ini.

Apa sumbangsih kita untuk negeri ini?

Leave a Reply

