Marketing vs Diare

Posted: September 28, 2009 in bidang ilmu lain
Tags: , , , , ,

apakah ada hubungan antara marketing dan diare?? tentu ada yang menjawab tidak ada. tetapi bagi saya jawabannya adalah ada, lebih tepatnya hubungan antara marekting dan obat diare. kenapa? karena baru-baru ini saya belajar marketing kepada saudara saya, dan dia mencontohkan dengan pemasaran obat diare.

berawal dari keinginan saya untuk belajar manajemen pemasaran atau marketing, saudara saya menjelaskan prinsip pemasaran dengan mengambil contoh pemasaran obat diare. pertama dia menjelaskan prinsip dasar dari pemasaran:

” pemasaran itu bepangkal pada pelanggan. jika pelanggan menginginkan suatu produk, maka ia akan mengambil/ membeli produk yang ia butuhkan.

pemasaran juga berdasar pada animo pelanggan/ customer. produk yang menarik dapat memiliki pemasaran yang baik. diantara yang dapat menarik pelanggan adalah dari merk.

dari keterangan ini, dicontohkan pemasaran obat diare (mungkin ini bagian dari sisi humornya, tetapi ini tidak masalah, yang penting pelajaran bisa diserap). Jika ada dua merk obat diare, A dan B dengan perbandingan merk A lebih meyakinkan daripada merk B. maka pelanggan akan lebih memilih untuk membeli produk A karena tertarik merknya. pertimbangan merk ini bisa menjadi salah satu strategi marketing bagi para produsen.

pelajaran lainnya adalah tentang tingkatan pelanggan. sebagai contoh, promosi dua produk, yang menggunakan bintang iklan, dimana produk pertama menggunakan bintang iklan dengan bayaran mahal serta dengan setingan iklan yang mewah. sedangkan produk kedua yang menggunakan bintang iklan yang lebih murah bayarannya. customer yang memilih produk kedua dapat digolongkan ke dalam customer kelas menengah-kebawah. sedangkan yang memilih produk pertama dpat digolongkan ke dalam customer kelas menengah-keatas.

mungkin itu beberapa pelajaran dasar marketing dengan saudara saya itu terkesan main-main dengan contoh2 yang nyeleneh. tetapi justru itu yang menjadi poin pengingat dari pelajarannya. jadi, jika saya kena diare, maka akan kembali teringat pelajaran dasar marketing..

wallahu a’lam

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s