En…enn…enneagram..!

Posted: September 29, 2009 in bidang ilmu lain
Tags: , , , ,

eneagram…eneagram…
suatu ilmu yang gw blm terlalu ngerti (wish I can get it someday!).
secara bahasa enneagram berasal dari dua kata ennea yang berarti sembilan dan grammos yang berarti sesuatu yang digambar. dan ujungnya, didefinisikan dalam kata enneagram of personality atau diartikan sebagai enneagram kepribadian. (ngmg ap gw??)

tp mungkin sederhananya adalah suatu ilmu yang menjelaskan tipe-tipe kepribadian manusia.

yang jelas ni ilmu mengelompokkan kepribadian2 manusia dalam sembilan karakter. kesembilan karakter itu adalah:
1. perfeksionis
2. penolong
3. pengejar prestasi
4. romantis
5. pengamat
6. pencemas
7. petualang
8. pejuang
9. pendamai
dan pastinya, tiap2 tipe kepribadian ini memiliki kelebihan dan kekurangannya. sebenarnya, dalam buku2 dan pembahasan eneagram sendiri diberikan penjelasan secara rinci tentang masing2 tipe tersebut.

halah, udahlah ngemeg2nya….
yang pasti gw nulis ini karena tertarik akan tipe eneagram gw sendiri. pernah suatu kali mengikuti kuis  d fb dan hasilnya tipe eneagram gw adalah petualang. (hmm… ). tapi pernah suatu kali ngobrol dgn anak psikologi (yg ngobrol dan secara tak sengaja berujung bahas eneagram), katanya tipe eneagram gw adalah pengamat/  peneliti.
setelah dipikir2, mungkin diri ini lebih condong kepada hasil analisa yang kedua, yaitu peneliti. kenapa? mungkin dari pembacaan pada diri sendiri yang cenderung meneliti segala sesuatu. you know what? karena setiap kali ada sesuatu yang baru, gw cenderung tertarik untuk mengamati sampai pada detail tertentu.
sebagai contoh, jika ada gadget model terbaru -atw gmpangnya hp model baru- gw cenderung tertarik untuk mengamati apa saja fitur2 yang ada dan mencobanya. mungkin ini juga salah satu yang bkin gw pada masa kecil gampang paham suatu video game atau permainan yang baru (karena diamati mulu dan tentunya dimainin mulu, hehe..).
klo g ngerti, mgkn contoh lainnya adalah pada teman/ friend d fb (baik baru atw udh lama). gw cenderung tertarik untuk melihat dan mengamati profil teman tersebut, entah itu secara teliti atw hanya sepintas lalu. sehingga akhirnya gw tau sedikit-banyak tentang profil dari teman tersebut. (harapan gw sih ini tidak berakibat buruk bagi gw dan orang lain).
yang pasti dari contoh2 tersebut, kecenderungan gw untuk tipe eneagram pengamat lebih dibenarkan karena tercitra dalam kondisi yang sesungguhnya. sedangkan untuk tipe petualang, kecenderungannya realtif kurang. (lagian gw jg pas jawab quiz di fb ttg eneagram itu g trllalu serius..he..:))
tentang kesimpulan akhir tipe eneagram gw, yg pasti gw harus pelajarin lagi, dan pada akhirnya, klo mau tau lebih jauh, gw harus baca/ belajar lebih banyak tentang eneagram ini.
wallahu a’lam.
(makanya do, baca!!  trus belajar yang bener!!!)

Leave a Reply

