Jamaah Jum’atan

Posted: August 6, 2010 in umum
Tags: , , , ,
Kalo diperhatikan, ada beberapa macam jamaah ketika jumatan berlangsung.
Jamaah 1
Datang lebih dahulu, ketika masjid masih sepi (sekitar pukul 11.00). Di masjid, selama menunggu adzan diisi dengan iktikaf, membaca Al-Qur’an, berdzikir dan ibadah sunnah lainnya. ketika melewati kotak amal jariyah, tidak pernah lupa menyempatkan diri merogoh kantong dan memasukkan sejumlah uang ke dalamnya.
Jamaah 2
Mereka datang beberapa saat sebelum adzan dzuhur dan khatib naik mimbar. Sempat untuk melaksanakan shalat tahiyatul masjid dan qabliyah jumat. mendengarkan khutbah dengan khidmat dan shalat dengan tenang.
Jamaah 3
Datang sebelum atau saat khutbah berlangsung. Masuk masjid dan mencari tempat yang masih kosong, tak lupa sebelumnya menyempatkan shalat sunnah. (Tapi) ketika khutbah berlangsung, kesadaran mulai hilang seiring dengan nyamannya posisi duduk, sehingga khutbah tak terdengar dan hanya dengkuran yang terdengar. pada saat iqamat, baru kembali sadar dan ikut shalat jumat berjamaah.
Jamaah 4
Ada juga yang seperti ini, datang pada saat khutbah sudah berlangsung, tapi karena tidak mendapat tempat, mereka mendengarkan khutbah d teras masjid sambil berdiri. dan ketika iqamat, mereka merangsek masuk ke masjid untuk mencari tempat yang kosong. selanjutnya shalat seperti halnya yang lainnya.
Jamaah 5
Jamaah ini (mungkin) umumnya datang pada saat khutbah berlangsung. tidak langsung masuk ke masjid, tetapi memilih di teras atau halaman masjid yang teduh. kegiatan dilanjutkan bukan mendengarkan khutbah, tetapi mengobrol dengan teman sejawat dan terkadang diselingi dengan merokok.
Jamaah 6
Datang sebelum shalat berlangsung dengan persiapan penuh. ada kalanya membawa teks atau ada pula yang tidak. pada saat khutbah, dia yang berdiri dan menyampaikan pesan-pesan keislaman kepada para jamaah. dan ketika khutbah usai, dia berganti posisi di tempat imam untuk memimpin shalat.
Jamaah 7
Datang dengan waktu yang tidak tentu, ada yang sebelum khutbah ada juga pada saat khutbah sudah dimulai. biasanya datang dengan bergerombol bersama rekan-rekannya. ketika sampai di masjid, mereka ini cenderung tidak mendengarkan, tetapi malah bercanda, berlarian, berteriak di dalam atau sekitar masjid. pada saat shalat berlangsung, ada yang ikut (walaupun diselingi dengan bercanda) atau bahkan tidak ikut shalat dan terus bercanda. ketika shalat jumat usai, langsung bubar dan kembali ke rumah masing-masing dengan terus bercanda bersama teman-temannya.
catatan: jamaah macam ini biasanya memiliki rentang umur 7 tahun ke bawah.
Anda termasuk ke dalam jamaah yang mana???

Kalo diperhatikan, ada beberapa macam jamaah ketika jumatan berlangsung. Jamaah 1 Datang lebih dahulu, ketika masjid masih sepi (sekitar pukul 11.00). Di masjid, selama menunggu adzan diisi dengan iktikaf, membaca Al-Qur’an, berdzikir dan ibadah sunnah lainnya. ketika melewati kotak amal jariyah, tidak pernah lupa menyempatkan diri merogoh kantong dan memasukkan sejumlah uang ke dalamnya.
Jamaah 2 Mereka datang beberapa saat sebelum adzan dzuhur dan khatib naik mimbar. Sempat untuk melaksanakan shalat tahiyatul masjid dan qabliyah jumat. mendengarkan khutbah dengan khidmat dan shalat dengan tenang.
Jamaah 3 Datang sebelum atau saat khutbah berlangsung. Masuk masjid dan mencari tempat yang masih kosong, tak lupa sebelumnya menyempatkan shalat sunnah. (Tapi) ketika khutbah berlangsung, kesadaran mulai hilang seiring dengan nyamannya posisi duduk, sehingga khutbah tak terdengar dan hanya dengkuran yang terdengar. pada saat iqamat, baru kembali sadar dan ikut shalat jumat berjamaah.
Jamaah 4 Ada juga yang seperti ini, datang pada saat khutbah sudah berlangsung, tapi karena tidak mendapat tempat, mereka mendengarkan khutbah d teras masjid sambil berdiri. dan ketika iqamat, mereka merangsek masuk ke masjid untuk mencari tempat yang kosong. selanjutnya shalat seperti halnya yang lainnya.
Jamaah 5 Jamaah ini (mungkin) umumnya datang pada saat khutbah berlangsung. tidak langsung masuk ke masjid, tetapi memilih di teras atau halaman masjid yang teduh. kegiatan dilanjutkan bukan mendengarkan khutbah, tetapi mengobrol dengan teman sejawat dan terkadang diselingi dengan merokok.
Jamaah 6 Datang sebelum shalat berlangsung dengan persiapan penuh. ada kalanya membawa teks atau ada pula yang tidak. pada saat khutbah, dia yang berdiri dan menyampaikan pesan-pesan keislaman kepada para jamaah. dan ketika khutbah usai, dia berganti posisi di tempat imam untuk memimpin shalat.
Jamaah 7 Datang dengan waktu yang tidak tentu, ada yang sebelum khutbah ada juga pada saat khutbah sudah dimulai. biasanya datang dengan bergerombol bersama rekan-rekannya. ketika sampai di masjid, mereka ini cenderung tidak mendengarkan, tetapi malah bercanda, berlarian, berteriak di dalam atau sekitar masjid. pada saat shalat berlangsung, ada yang ikut (walaupun diselingi dengan bercanda) atau bahkan tidak ikut shalat dan terus bercanda. ketika shalat jumat usai, langsung bubar dan kembali ke rumah masing-masing dengan terus bercanda bersama teman-temannya.catatan: jamaah macam ini biasanya memiliki rentang umur 7 tahun ke bawah.
Anda termasuk ke dalam jamaah yang mana???

Advertisements
Comments
  1. hey hey yg terbaru mana neh??
    ini kan yg di fb itu,..

  2. edofaqeeh says:

    udah ada yang baru tuh nir,, selamat membaca.. 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s