Senonoh

Posted: February 22, 2011 in Bahasa
Tags: , , ,
ketika mendengar kata “senonoh” orang2 pasti langsung terpikir kepada gabungan kata tersebut dalam bentuk negatif, “tidak senonoh”. dan arti yang langsung terpikir adalah arti yang berkonotasi negatif, “tidak patut” , “tidak sopan” dan sebagainya. sebagai contoh: Karena melakukan perbuatan yang tidak senonoh, wanita itu sekarang sering digunjingkan orang.

bagi pribadi saya, ini memang memprihatinkan. karena kata “senonoh” tersebut sekarang (selalu) berkonotasi negatif jika diucapkan atau dituliskan. padahal arti negatif tersebut muncul karena memang diberikan tambahan negatif sebelum kata tersebut.

dari pencarian saya di kamus bahasa Indonesiaarti kata “tidak senonoh” adalah:

tidak senonoh

adj tidak patut atau tidak sopan (tentang perkataan, perbuatan, dsb); tidak menentu atau tidak manis dipandang (pakaian dsb);

dari arti di atas, terlihat bahwa jika kita kembalikan kepada kata dasar/ tanpa kata tidak, kata tersebut secara trivial pasti memberikan arti yang baik; patut, sopan. tapi karena seringkali pengucapan kata ini diikuti oleh kata tidak, stigma arti negatif pun selalu muncul. inilah yang membuat saya miris. mungkinkan kata ini mengalami peyorasi/ penurunan (derajat) makna? saya juga belum bisa memutuskan demikian.

harapan saya semoga stigma negatif yg muncul tiap kata itu muncul tidak menular pada lestarinya bahasa Indonesia. amin

Comments
  1. […] kepada tulisan saya sebelumnya, setidaknya ada beberapa kata dalam Bahasa Indonesia yang acapkali mendapat stigma negatif ketika […]

  2. […] berarti tidak sopan. Dengan demikian tentu saja senonoh berarti sopan, iya kan? Dan ternyata saya ga sendiri yang berpikir seperti itu. Pasti banyak juga yang berpikir seperti […]

Leave a Reply

