Maktabah Syamilah 1 dan Avira Antivirus

Posted: March 17, 2011 in Hadis dan Sains, IT, komputer
Tags: , , ,

 

Bagi teman2 saya, pasti sudah mengenal apa itu Maktabah Syamilah. Sebuah perangkat lunak yang bagaikan perpustakaan di komputer sendiri. Maktabah syamilah merupakan software yang memiliki library berisi ratusan kitab2 dan referensi berbentuk buku/ kitab berbahasa arab. Sebenarnya Maktabah Syamilah sendiri sudah memiliki berbagai versi, yang terbaru memiliki library dengan kapasitas 20Gigabyte lebih. Namun sekarang saya ingin membahas tentang Maktabah Syamilah 1 yang berhubungan (dalam hal ini berkontradiksi) dengan Antivirus Avira (atau ada juga yg menyebutnya Antivir).

Ketika kita menginstal Maktabah Syamilah 1 di komputer, file eksekusi untuk membukanya adalah Library.exe (terlihat seperti gambar di bawah ini)

Library Syamilah

Permasalahan disini adalah, Avira Antivirus menganggap file eksekusi ini sebagai threat/ ancaman untuk komputer, sehingga secara otomatis sang antivirus bereaksi untuk menghilangkannya. Padahal itu merupakan “pintu utama” untuk membuka Maktabah Syamilah1. Alhamdulillah, untungnya Avira punya fitur Exception yang bisa menjadi solusi permasalahan ini. Fitur ini memungkinkan pengguna Avira membuat “pengecualian” untuk file2 serta proses yang berjalan di komputernya agar tidak dianggap sebagai threat/ ancaman oleh Avira. Dengan memasukkan file Library.exe ke dalam daftar Exception, membuat pengguna Avira – Maktabah Syamilah tetap bisa menjalankan Program Maktabah Syamilah tanpa halangan. Berikut saya berikan petunjuk beserta gambar untuk proses “exception” pada Avira.

  1. Buka/ Start Avira antivirus, pilih menu Extras – Configuration. Atau bisa langsung klik F8

Syamilah Exception1

2. Selanjutnya akan muncul jendela Configuration, centang kotak Expert untuk memunculkan menu tambahan dalam Configuration, termasuk menu Exception. Setelah menu Exception dipilih akan muncul tampilan di sebelah kiri, ada pilihan exception untuk Process dan File. Kali ini kita memilih yang di bawah, yaitu File. Selanjutnya klik tombol kotak berisi tanda tiga titik untuk mulai menambah file pengecualian.

Syamilah Exception 2

3. Setelah itu akan muncul jendela untuk memilih File, kita cari File “Library.exe” milik Maktabah Syamilah di C:\Program Files\المكتبة الشاملة\

Syamilah Exception 3

 

 

4. Setelah File “Library.exe” ditemukan, klik OK dan kemudian klik Add. Terakhir klik Apply dan OK. Selesai.

Setelah semua instruksi diikuti, insyaAllah ketika menjalankan Maktabah Syamilah tidak akan lagi deteksi threat dari Avira. Jika masih muncul, coba ulangi langkah2 diatas. Selamat mencoba. Selamat belajar.

Terimakasih 🙂

 

Advertisements
Comments
  1. Argan says:

    klo AVG internet security 2011 ada fitur Exceptionnya ga do??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s