Musik Lenong Betawi di Pagi Hari

Posted: July 7, 2011 in Uncategorized
Tags: , , ,

pagi hari saya dihiasi sayup2 musik lenong betawi yang semakin mendekat dan semakin kencang terdengar. ya, musik lenong itu muncul hampir tiap pagi melewati komplek kantor saya. siapakah yang membunyikannya? jawabannya adalah mobil sampah. ya, mobil sampah yang lewat tersebut selalu memutar musik Lenong betawi dengan kencang hingga orang2 dan rumah2 yang dilewatinya pasti mendengar musik tersebut. mengapa musik lenong khas betawi? tentunya semua bisa menebak bahwa yang mengemudikan mobil tersebut pasti senang dengan lenong betawi, dan bisa jadi memang benar2 orang betawi.
sejujurnya saya senang dengan hal ini. saya tidak merasa risih ataupun terganggu dengan musik keras tersebut. pertama, karena memang saya senang mendengarkan musik, tidak terkecuali lenong ini. musiknya asik, khas daerah betawi, jadi mengingatkan musik khas daerah sendiri. kedua, dan ini yang penting, dengan memutar dan memperdengarkan musik tersebut, bapak petugas kebersihan tersebut secara tidak langsung ikut memasyarakatkan dan membudayakan musik ini. volume musik yang keras menjadikannya terdengar sepanjang jalan yang dilewati mobil tersebut. tidak yang tua dan yang muda semua bisa mendengar. terutama yang muda, mereka bisa menjadi mengenal tentang budaya betawi. bagi pemuda asli betawi, bisa membuat mereka lebih mencintai budayanya itu.
sekali lagi tindakan ini saya sukai dan dukung, karen memang termasuk dalam upaya pelestarian budaya, budaya yang sudah mulai tergilas oleh pesatnya pembangunan dan globalisasi. saya berharap budaya ini dan budaya lainnya dapat dipertahankan dan dilestarikan oleh kita semua. karena budaya menunjukkan jati diri kita.
Amin Ya Allah.. []
*sayup-sayup terdengar H. Benyamin Sueb menyanyi*

Leave a Reply

