Permasalahan “Shutting Down” Windows 8

Posted: November 20, 2013 in IT
Tags: , ,

shutting down

Alhamdulillah, akhirnya update blog ini. dan ini tutorial sharing pengalaman tentang permasalahan komputer lagi. kali ini membahas tentang windows 8. kemaren ada yang menanyakan tentang permasalahan yang muncul di laptopnya yang mendadak tidak bisa dipakai karena ketika dinyalakan yang ada hanya tampilan shutting down yang terus-menerus tanpa berhenti. kejadian diawali ketika dia hendak mematikan laptopnya tapi tidak tuntas karena batere mendadak habis. dan ketika ia sambungkan dengan charger untuk mengisi tenaga batere dan dinyalakan kembali, hanya tampilan shutting down yang muncul terus menerus. coba menyalakan ulang dengan mematikan paksa lewat tombol power beberapa detik dan menyalakannya kembali, tetap tidak berhasil.

awalnya sang pemilik memilih untuk merombak ulang OS-nya. saya pun berusaha untuk masuk ke BIOS untuk setting startup ataupun boot priority-nya. ternyata ini tidak berhasil. setelah logo merk laptop yang muncul, tidak ada tulisan opsi untuk masuk BIOS ataupun boot priority di bagian bawah (yang biasanya muncul saat kondisi logging on). usaha untuk masuk BIOS sudah dilakukan berkali-kali tapi tidak berhasil. sempat frustasi juga karena setidaknya jika saya bisa masuk/ booting lewat windows 7, saya bisa melihat utak atik file sistem yang ada dan barangkali membackup data yang ada di drive C:.

sempat googling untuk cari tau solusinya, ada yang kasih solusi dari forum untuk matikan, copot semua sumber tenaga listrik-pencet tombol power selama 60 detik-nyalakan lagi, dan hasilnya? tidak berhasil juga. solusi lain mengatakan untuk menyerahkan kepada service center. saya pikir itu terlalu jauh. akhirnya muncul ide aneh, cabut batere! hahaha.. jadi teringat jalan pintas ini bagi para penguguna Blackberry yang sudah frustasi karena ponselnya yang hang. yang saya lakukan adalah, cabut batere laptop dengan kondisi masih menyala (tentunya masih dengan tampilan shutting down). setelah mati secara paksa, dan saya nyalakan lagi, alhamdulillah bisa menyala, booting dan logging on seperti semula.

begini penjelasan ilmiah ngasal saya soal solusi “cabut batere” ini. jadi, saat pertama kali mati dalam keadaan shutting down dan batere mendadak habis, memori laptop menyimpan setingan bahwa sistem laptop dalam kondisi shutting down. dan ketika dinyalakan lagi, ia masih menyimpan itu dan menjalankan perintah untuk shutting down. tapi karena shutting down yang tidak wajar, yang dilakukan oleh sistem laptop adalah terus menerus sampai kondisi yang tidak menentu. analoginya; jika sistem laptop menyala dengan menyambungkan sejumlah kait -ambil contoh 5 kait-, maka ketika dimatikan, kelima kait itu akan dilepas satu persatu sesuai fungsinya. dengan kondisi seperti permasalahan di atas, ada kait yang belum selesai dilepas ketika sistem akan mati, tapi sumber energi habis mendadak. akhirnya kait sisa (misal satu kait) ini masih tersangkut. sistem menyimpan kondisi ini di dalam memori dan menjalankan perintah ini ketika sistem dinyalakan kembali. ketika batere dicabut paksa, akhirnya sistem mati secara paksa dengan memutuskan sumber tenaga untuk keseluruhan – dengan asumsi mematikan dengan tombol power saja berbeda dengan cabut batere paksa-. cabut batere diibaratkan kita mematika televisi dengan mematikan saklar meteran listrik secara langsung, tidak dari colokan listriknya ataupun tombol powernya. dengan diputusnya semua sumber listri, akhirnya memori menghapus semua perintah termasuk tersangkutnya kait sisa ini/ perintah shutting down. dengan terhapusnya perintah shutting down di memori, maka sistem kembali memulai dari awal lagi dengan semua perintah yang masih belum dijalankan. begitu penjelasannya.

memang ini hanya solusi aneh dan bukan solusi yang baik, tapi untuk saat ini saya cukup lega dengan selesainya permasalahan ini. bagi anda yang punya solusi lain, saya dengan tangan terbuka menerima masukan. terimakasih 🙂

NB: laptop yang bermasalah adalah Lenovo IdeaPad tipe S410P  dengan OS Windows 8 pro 32-bit (6.2 build 9200)

Advertisements
Comments
  1. Yosi says:

    Thanks ya 🙂 NB gue bisa nyala skrang 😀

  2. dhani says:

    lha klo bterainya gk bsa d cbut gmn ????

  3. fattah says:

    thanks a lot gan ini permasalahan yang ada di tmn ane dan tmn ane nanti ngasih laptopnya wah jadi nambah ilmu nih
    *Pengalam Adalah Ilmu terbaik*

  4. ilham says:

    mkasih bro.. (y)

  5. tsuraya says:

    laptopku batre tanem, gimana dong? 😦
    asus x450j

  6. Alhamdulillah, setelah satu hari mencoba berbagai cara. Cara ini yang paling pas, kalau ada cara yang lebih baik tolong share ya 🙂 Terimkasih

  7. didik says:

    thank’s a lot… sangat membantu walaupun simpel.

  8. imla says:

    kalau masih bertulisan shutting down gmna caranya?
    cabut batere jga gk mempan ,gman dong solusinya?

  9. sansan says:

    punya saya tidak bisa asus notebook
    sudah matikan nyalalakan lagi tetap tdk bs
    mohon bantuan nya

  10. nila says:

    Aku pnya masalah yg sama,,tp NB ku batere tanem?? Mohon solusinya

  11. siti anita says:

    huh akhirnya kebuka.. makasiih..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s